Saturday, August 18, 2018

PERGELARAN KARYA SENI TARI




A.    KONSEP
1.      Pengertian Pergelaran
        Pergelaran adalah menampilkan karya seni diatas pentas untuk  dipertontonkan kepada khalayak sebagai suatu kegiatan estetis.Pergelaran karya seni mencakup berbagai macam aspek yaitu seni tari,seni rupa,seni musik, dan seni teater.
        Pergelaran seni tari merupakan hiburan dan apresiasi bagi seniman khususnya dan bagi  penonton/penikmat karya tari pada umumnya.Dalam pergelaran karya tari aspek gerak  merupakan unsur utama dan didukung oleh unsur-unsur  yang lainnya. Ragam gerak tari dirangkai/disusun berdasarkan ekspresi dari koreografer.Ragam gerak tersebut dirangkai menjadi bentuk tarian yang utuh,memiliki makna/arti, menja di dasar yang  dapat dikembangkan dan dapat dikomunikasikan kepada penonton.
        Pergelaran karya tari adalah pertunjukan tari/penyajian yang ditujukan kepada orang lain dalam hal ini penikmat seni/penonton.
Tujuan Pergelaran di sekolah :
1.      Penyelenggaraan pergelaran seni pada dasarnya adalah latihan dalam berorganisasi yang memerlukan cara kerja yang sistematis.
2.      Pergelara  seni dijadikan sebagai kegiatan apresiasi seni untuk mengembangkan kreatifitas
3.      Menyatukan interaksi dan komunikasi dengan cabang seni yang lain
4.      Menumbuhkan kreatifitas dan pengalaman dalam berkegiatan seni

B.     TEKNIK
       Teknik  membuat pergelaran tari harus dilakukan dengan sistematis  agar pergelaran yang diadakan dapat berjalan sesuai yang diinginkan.Untuk mencapai pergelaran yang baik sangat dibutuhkan perencanaan yang baik pula.Diperlukan strategi khusus agar penyelenggaraan pergelaran tetap dapat diminati dan dinikmati oleh penonton,salah satunya dengan penyusunan acara/randon kegiatan yang baik.Susunan acara yang dibuat diusahakan bervariasi,jangan sampai monoton dan membuat penonton jadi bosan.
       Dalam pergelaran tari,selain memperhitungkan materi yang akan dipergelarkan, perlu diperhatikan pula apakah dalam penyajian tari tersebut dilakukan secara tunggal,berpasangan,atau kelompok sehingga susunan tarian ditata agar tidak monoton.
       Unsur lain yang mendukung suksesnya pergelaran tari adalah iringan,tata rias, tata busana,tata lampu,tema,tempat.Semua itu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan karena suatu pergelaran yang baik sangat memerlukan keterlibatan berbagai unsur pendukung.Dengan kekompleksan pergelaran tari maka unsur pendukung itu mempunyai daya tarik serta pesona tersendiri bagi penonton.

C.     PROSEDUR  
         Kesuksesan sebuah pergelaran tidak terlepas dari bagaimana pertunjukan tersebut dipersiapkan.Agar pergelaran berhasil baik tentunya dibutuhkan persiapan yang matang.Prosedur yang harus dilakukan dalam pergelaran meliputi :
1.      Pembentukan Panitia
2.      Menyusun Jadwal kegiatan
3.      Menyiapkan penampilan karya tari baik individu maupun kelompok.