Thursday, March 21, 2013

Adap tidur


Adab Tidur
  1. Berwudhu sebelum tidur. Rasulullah SAW biasa berwudhu sebelum beliau tidur, hal ini akan mencegah kita dari gangguan syetan. Rosulullah SAW bersabda: “Jika engkau akan pergi ke tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk sholat.” (Muttafaq Alaih).
  2. Menyegerakan tidur setelah sholat Isya’ (tidak begadang), kecuali untuk keperluan syar’I (belajar, menemui tamu, dll.). Dari Abu Barazah meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW tidak menyukai tidue sebelum sholat Isya’ dan ngobrol sesudahnya. (Muttafaq Alaih).
  3. Tidur dengan posisi menghadap ke arah kanan dan menjadikan tangan kanan sebagai bantal (berada dibawah pipi). Rosulullah SAW bersabda: “Jika engkau akan pergi ke tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk sholat, dan kemudian tidurlah di atas lambung kananmu.” (Muttafaq Alaih)
  4. Tidak tidur dengan posisi telungkup. Rosulullah bersabda :”Sesungguhnya tidur dengan posisi telungkup adalah tidurnya penghuni neraka.”. Rosulullah juga bersabda “Sesungguhnya tidur dengan posisi telungkup adalah tidur yang tidak disukai Allah Azza wa Jalla.”
  5. Berdoa dan berdzikir sebelum dan setelah tidur. Ayat-ayat yang disunnahkan dibaca sebelum tidur Al-Fatihah, Al-Baqoroh 1-5; 284-285; 3 ayat terakhir, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, tasbih, tahmid, tahlil, takbir
  6. Ketika bangun tidur tidak boleh memegang makanan atau mencelupkan tangan ke dalam bejana air sebelum menyiramnya terlabih dahulu. Rosulullah melarang hal itu karena ketika tidur kita tidak tahu apa yang telah dipegang tangan kita.