Saturday, August 18, 2018

Mengenal Landasan Pengembangan Kurikulum



Pendahuluan
A.      Latar belakang
          Kurikulum merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia pendidikan, maka dari itu evaluasi kurikulum tidak luput dari agenda yang selalu di lakukan untuk mengetahui kelayakan  dan relevan kurikulum yang di pakai saat ini dengan keadaan yang ada di masyarakat. Peran penting kurikulum dapat di asusmsikan dengan sebuah bangunan rumah yang dibangun tidak menggunakan landasan (fondasi) yang kokoh , maka ketika terjadi goncangan atau diterpaoleh angin sedikit saja rumah tersebut akan mudah rubuh. Demikian halnya dengan kurikulum jika di kembangkan tidak didasarkan pada landasan yang tepat dan kuat, maka kurikulum tidak bisa bertahan lama, dan bahkan dengan mudah dapat ditinggalkan oleh para pemakainya. Bila bangunan rumah rubuh yang diakibatkan tidak menggunakan landasan (fondasi) yang kuat, kerugian tidak akan terlalu besar hanya sebanding dengan harga umah yang dibangun, dan jika kondisi keuangan memungkinkan maka dengan segera akan mudah dibangun kembali. Tapi bila yang roboh itu kurikulum sebagai alat untuk mempersiapkan manusia, maka kerugian yang bersifat fatal dan tidak bisa diukur dengan materi karena menyangkut upaya memanusiakan manusia.
          Tidak terkecuali dengan mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum, terlebih dahulu harus diidentifikasi dan dikaji secara akurat dan mendalam sehingga dapat menyeluruh landasaan apa saja yang harus dijadikan pijakan dalam merancang, mengembangkan, dan penerapan kurikulum. Landasan yang kokoh dapat menghasilkan kurikulum yang kokoh pula, sehingga dapat menghasilkan manusia terdidik sesuai dengan hakikat kemanusianya, baik untuk masa kini dan masa depan. Dengan ditetapkannya kebijakan pemerintah (Depdiknas) yaitu pengembangan kurikulum operasional dilakukan oleh setiap satuan pendidikan dengan program kurikulum tingkat satuan pendidikan